Nulis karena gak ada kerjaan ~~Part 1~~

hai blog, udah lama ya gak pernah posting. Dari yang awalnya masih mahasiswa S1 Univ. Negeri Malang. Sekarang udah jadi mahasiswa S2 ITB. Hehehehe.
Sebenernya sih cuma iseng aja buka blog, tapi daripada gak ngapa-ngapain, jadi yuk sharing pengalaman selama 1 semester di Magister Pengajaran Fisika ITB.

Dari awal pendaftaran, ups salah , dari awal mengumpulkan niat buat masuk S2. Sebenernya sih cita-citanya bukan S2 di dalam negeri, tapi pingin ambil Master of Education  di Institute of Education-UCL. Tapi gak tau kenapa, dengan pertimbangan ini itu, jadi ambilnya di dalam negeri aja. Positif thinking aja sih, aku anggap ini emang jalan terbaik, dengan keterima  di Bandung, aku bisa fokus menormalkan kadar hormon di tubuhku *apaan sih*. Alhamdulillah selama di Bandung kadar hormonnya normal terus, semoga cepet normal, semoga gak tiap hari minum obat, semoga gak tiap bulan cek darah *aamiin*. Oke setelah itu niat udah bulet nih.

Masa pendaftaran, syarat yang diminta sih gak macem-macem kalo menurutku yah, scan ijasah, transkrip, Sertifikat TOEFL ETS/ELPT, sertifikat TPA Bappenas,dll. Daftar kalo gak salah pertengahan November 2015, dan pengumumannya Desember 2015. Nah, Alhamdulillah diterima :).

Awal masuk ( 10 Januari 2016), paling inget nih, awal masuk, hari senin, dan langsung kuliah RAD, nah sebagai mahasiswa baru, wajar dong, kalo gak tau dimana ruangannya, akhirnya kita tanya tuh, sama mas-mas yang kelihatannya mahasiswa ITB. kita tanya ,"mas, ruang diskusi II, dimana yah?". Dijawablah kalo di lantai 3. Akhirnya kita semua naik ke lantai 3 dan nunggu pak Supri. Anehnya sampe jam setengah 10, bapaknya belum dateng juga, sampe teh pipit ke jurusan buat nanyain bapaknya. Tapi..tapi..tapi... sampe hampir jam 10, bapaknya juga belom nongol2. Tiba-tiba, si mas nya tapi nongol dan ngomong " ruang diskusi II ada di lantai 1". Akhirnya kita semua turun dan ternyataaaaaaa, kuliah udah selesai :( .

yuk lanjut, sesi perkenalan sama kak wai, mas ivan, dan mas adnan. perkenalan dengan ke tiga pejuang MPFis 2015 semester 1, bukan perkenalan yang formal sebenarnya, bukan yang nanya hai namanya siapa, bukan kayak gitu. Tapi kita tau aja namanya siapa, soalnya jumlah dari kita yang gak banyak juga, sama muka yang gampang dikenali. seneng sih punya temen baru, tapi juga ada yang "ehm bgt" *youknowwho*

Minggu minggu awal sih, kita semua santai banget, kadang-kadang mikir juga, masih iya, kuliah S2 nyantai banget. Bukannya kuliah S2 itu seharusnya sibuk ya. Di awal, aku tuh masih bisa main-main , jalan-jalan, nonton running man tiap minggu , streaming k-drama, main hayday. Tapi semua itu berubah ketika negara api menyerang.  Negara api yang dipimpin oleh pasukan asisten-asisten praktikum.

Perkenalan praktikum RAD, sebenernya RAD ini kumpulan dari Eldas 1,2,3. Oke skip. Setelah pak Supri menjelaskan materi hari itu, tiba-tiba bapaknya bilang kalo nanti ada asisten praktikum yang akan menjelaskan tentang sistematika praktikum. Setelah nunggu beberapa menit, masuklah seorang asisten ke dalam kelas namanya mas Giffari, tapi kenapa cuma sendirian pikirku, soalnya beneran capek kalo jadi asisten praktikum *jeongmal*. Nah tapi, setelah itu mas Yangki menyusul. setelah dijelaskan ini itu, kita langsung dikasih tugas pendahuluan #oh no#. Tapi untung tugasnya gak ribet.

 Next perkenalan praktikum Fiskom. sama sih sama bagian perkenalan RAD, setelah pak Rijal nyampaiin materi, bapaknya mempersilahkan asisten menjelaskan sistematika praktikum. Sebelum lanjut, kata mbak meda, dkk, nah ternyata si asisten udah di dalem ruangan sampe dikira itu mahasiswa yang mau bimbingan (emang iya? emang iya ? emang iya? aku kemana? kok aku gak nyadar?). Next, setelah pak rijal keluar, si asisten wahyu langsung nulis jadwal yang bisa dipake sama mahasiswa S2. Nah setelah nulis, kita nentuin deh jadwal mana yang mau dipake. Setelah itu si Wahyu sama si Ridho ngejelasin apa yang aku gak ngerti mereka ngomong apa waktu itu, pokok iya iya aja.

Tiba waktunya praktikum. Part 1 Praktikum RAD. Emang dasarnya seneng otak atik (re:ngerusak) barang elektronik sih, jadi semangat banget kalo disuruh praktikum RAD. seneng sih praktikum ini, dibimbing sama 2 asisten yang masih S1 (Giffari sama Ali) dan 1 asisten yang lagi S2 (mas Yangki). Asistennya baik banget, lucu juga. Kadang kita sama-sama bingung waktu rangkaiannya udah bener, tapi kok gak jalan kyk teori, sampe pernah gak dapet data sama sekali. Di praktikum ini , kita juga diperkenalkan dengan RBL yang belum pernah tau sebelumnya. disuruh bikin ini itu, bingung kalo udah di Toko Anam, tapi gak tau mau beli apa, dan paling males kalo ternyata ada komponen yang belum ke beli. Praktek nyolder yang bikin kangen. Di praktikum ini juga ada kejadian yang memalukan, bukan aku sih untungnya, tapi tetep aja lucu. kejadiannya sih waktu buat RBL di lab, sebelum-sebelumnya si puspa tuh, udah manggil si giffari sama ali dengan panggilan "dek", wajar sih, kan mereka masih S1, tapi di hari itu semua terbongkar. Gak tau gimana ceritanya, pokoknya terbongkar kalo giffari mah seumuran, sama-sama angkatan 2011, malah si ali ternyata angkatan 2010. Malu sih awalnya, tapi pada akhirnya biasa aja.

Part 2 Praktikum Fiskom. awal masuk praktikum fiskom, scene yang paling aku inget nih, pas masuk ruangan, dan langsung liat sesosok asisten pake sendal hotel *gak penting banget*. Awal masuk mah kita disuruh duduk terserah kita terus kita dijelasin sedikit tentang VBA Excel. Awalnya gak tau nama-nama asistennya, soalnya bingung dari 2 kenapa jadi 3. dan ketambahan 1 lagi yang datengnya telat waktu itu. Lama kelamaan mulai tau satu persatu nama mereka, yang paling diinget mah, si wahyu, soalnya semua laporan, tugas dikirimnya ke email dia, sampe hafal diluar kepala alamat emailnya si wahyu. Setelah itu yang hafal ke dua si Ridho, karena dia yang waktu perkenalan sama wahyu, paling banyak jelasin di awal, dan ada kontaknya juga. Ketiga asisten yang paling eksis sama poninya ,namanya zulfikar, dan yang terakhir tau namanya adalah imam. Praktikumnya ya gitu, ngoding, bikin simulasi pake excel, seru sih, seru banget, tapi jam praktikumnya mah, di jam-jam ngantuk dan capek, dan kadang baru sampe kos jam 7 malem, bener-bener deh kalo praktikum fiskom mah menguras tenaga baget.

 Lanjut besok deh.. masih panjang ceritanya hehehe..

Comments

Popular posts from this blog

SAINS DAN TEKNOLOGI

berpikir deduktif dan induktif

contoh soal tegangan thevenin yang dihitung dengan metode loop