SAINS DAN TEKNOLOGI


                   SAINS DAN TEKNOLOGI 1)
Agustin Fatmawati  , Nila Mutia Dewi  , Zul Farida Arini 2)

Abstrak : Sains adalah ilmu yang teratur  sehingga dapat diuji atau dibuktikan kebenarannya, sedangkan teknologi adalah keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia. Pada dasarnya , sains dan teknologi merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Perkembangan sains sangat berpengaruh pada perkembangan teknologi begitu pula sebaliknya. Perkembangan sains dan teknologi juga tidak dapat lepas dari kehidupan manusia ,tidak hanya memberikan kemudahan bagi manusia namun juga dapat menimbulkan dampak negatif.

Kata kunci : sains , teknologi

Pendahuluan
Sains dan teknologi adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Dalam penerapannya, sains secara otomatis menghasilkan apa yang disebut teknologi.  Sains bersifat teoritis dan tidak berbentuk sedangkan teknologi bersifat praktis dan berbentuk. Pada hakikatnya, sains dipelajari untuk mengembangkan dan memperkokoh eksistensi manusia di bumi. Teknologi diciptakan untuk meringankan dan membebaskan manusia dari kesulitan-kesulitan hidup. Namun dalam penerapannya, sains dan teknologi selalu mempunyai dampak positif dan negatif. Sekarang ini manusia justru terjebak ke dalam budaya konsumerisme sebagai akibat dari ketergantungan manusia akan teknologi. Berdasarkan uraian tersebut maka penulis tertarik untuk mengkaji tentang hubungan sains dan teknologi serta dampak perkembangannya dalam berbagai bidang kehidupan manusia.

Pembahasan
A. Pengertian Sains dan Teknologi
Sains berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam semesta secara sistematis. Sains tidak hanya sebagai kumpulan fakta, konsep, dan prinsip tetapi juga

merupakan suatu proses penemuan. Sains berasal dari kata  sienz, science, syence, scyence, scyense, scyens, scienc, sciens, scians. Menurut  Kamus Umum Bahasa Indonesia, sains adalah ilmu yang teratur (sistematik) yang dapat diuji atau dibuktikan kebenarannya, berdasarkan kebenaran atau kenyataan semata. Sifat dari sains adalah bebas nilai, obyektif, dan netral.
Sedangkan istilah teknologi berasal dari kata techne yang berarti cara dan logos yang berarti pengetahuan. Secara harfiah teknologi dapat diartikan sebagai pengetahuan tentang cara. Jaques Ellul  mengartikan teknologi sebagai keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia. Berbeda dengan sains, teknologi walaupun pada dasarnya netral, dalam situasi tertentu dapat tidak netral lagi karena mengandung potensi merusak dan potensi kekuasaan.

B. Hubungan antara Sains dan Teknologi
Teknologi dianggap sebagai penerapan sains dalam pengertian bahwa penerapan itu menuju pada perbuatan atau perwujudan sesuatu. Teknologi adalah segenap keterampilan manusia menggunakan sumber daya alam untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan. Secara lebih umum teknologi merupakan suatu sistem penggunaan berbagai sarana yang tersedia untuk mencapai tujuan-tujuan praktis yang ditentukan.
Perkembangan sains dan teknologi dapat mendatangkan kemakmuran materi. Adanya perkembangan tersebut menimbulkan cabang ilmu pengetahuan baru. Sains dan teknologi memungkinkan terjadinya perkembangan keterampilan dan kecerdasan manusia karena  perkembangan sains dan teknologi menyediakan sarana dan prasarana penunjang kegiatan ilmiah.
Kemajuan dalam penguasaan sains meningkatkan kemajuan teknologi. Sebaliknya taraf penguasaan teknologi yang maju akan meningkatkan penguasaan sains lebih lanjut. Sains dan teknologi saling membutuhkan karena sains tanpa teknologi bagaikan pohon tak berbuah, sedangkan teknologi tanpa sains bagaikan pohon tak berakar (science without technology has no fruit, technology without science has no root).
Contoh hubungan sains dan teknologi pada kehidupan sehari – hari :
1.                  Penerapan ilmu fisika tentang lensa menghasilkan produk teknologi seperti mikroskop dan teleskop. Mikroskop digunakan untuk melihal obyek yang sangat kecil seperti bakteri, sehingga klasifikasi bakteri bisa dilakukan. Hasil klasifikasinya dapat membantu  dalam bidang kedokteran dan industri makanan.
2.                  Penerapan ilmu elektro dapat menghasilkan robot yang bermanfaat dalam bidang industri, manufaktur, kesehatan, dan sebagainya. Robot juga bisa berperan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dalam kegiatan penelitian yang tidak mungkin dilakukan oleh manusia, seperti  penyelaman ke dasar laut dalam dan penelitian gunung berapi.

C. Dampak Perkembangan Sains dan Teknologi
            Pada satu sisi, perkembangan sains dan teknologi memang telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Pada sisi lain, pesatnya kemajuan sains dan teknologi membawa pengaruh negatif. Gejala dehumanisasi merupakan salah satu dampak negatif sains dan teknologi. Gejala dehumanisasi yaitu tergerusnya nilai-nilai kemanusiaan.
            Berikut adalah dampak perkembangan sains dan teknologi dalam berbagai bidang.
1.                  Bidang informasi dan komunikasi
Dampak Positif
a .         Informasi terbaru di belahan bumi bagian manapun dapat diketahui dengan   
             mudah  melalui internet.
b.          Komunikasi jarak jauh dapat dilakukan dengan handphone.
            Dampak Negatif
a.          Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris.
b.          Penggunaan situs tertentu yang disalahgunakan oleh pihak tak bertanggung
            jawab demi tujuan tertentu.

2.         Bidang Ekonomi dan Industri
            Dampak Positif
a.                     Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi.
b.         Terjadinya industrialisasi.
            Dampak negatif
a.                     Pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak  mempunyai kualifikasi sesuai
            kebutuhan.
b.         Sifat konsumtif sebagai akibat kompetisi yang ketat pada era globalisasi akan
             juga melahirkan generasi yang secara moral mengalami kemerosotan.

3.         Bidang Sosial dan Budaya
             Dampak Positif
a.          Meningkatnya rasa percaya diri.
b.          Tekanan dan  kompetisi yang tajam di berbagai aspek kehidupan sebagai
             konsekuensi globalisasi akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun, dan
             pekerja keras.
              Dampak Negatif
a.           Kemerosotan moral di masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan
                          pelajar.
b.           Pola interaksi antar manusia berubah menjadi lebih tertutup.

4.          Bidang Pendidikan
             Dampak Positif
a.          Kehadiran media massa khususnya media elektronik dapat menjadi sumber
              ilmu dan pusat pendidikan.
b.         Tercipta metode-metode pembelajaran bar, yang memudahkan siswa dan guru   
             dalam proses pembelajaran.
             Dampak Negatif
a.          Kerahasiaan alat tes semakin terancam.
b.           Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan
             tindak kriminal.

5.         Bidang politik
            Dampak Positif
a.         Timbulnya kelas menengah baru.
b.         Di bidang politik internasional terdapat kecenderungan tumbuh regionalisme.
            Dampak Negatif
a.         Penggunaan persenjataan canggih untuk menyerang pihak lain demi kekuasaan  dan kekayaan.
b.         Terorisme yang semakin merajalela.

Kesimpulan
Sains dan teknologi adalah hal yang tak dapat lepas dari kehidupan manusia.
Sains dan teknologi akan terus berkembang seiring perkembangan peradaban manusia di dunia. Pada hakikatnya sains dan teknologi merupakan dua hal yang tidak dapat terpisahkan. Perkembangan sains sangat berpengaruh pada perkembangan teknologi begitu pula sebaliknya. Perkembangan sains dan teknologi tidak hanya memberikan kemudahan bagi manusia namun juga dapat menimbulkan dampak negatif.

Daftar Pustaka
Wonorahardjo, Surjani. 2011. Dasar-dasar Sains. Jakarta: Indeks
Toynbee, Arnold. 1988. Menyelamatkan Hari Depan Umat Manusia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Pers
Dharma, Agus. Peran Sains dan Teknologi dalam Percepatan Pembangunan, (Online), (http://staffsite.gunadarma.ac.id/agus_dh/, diakses tanggal 10 April 2012).


Comments

  1. thank you for the information . bgus utuk buat rujukan

    ReplyDelete
  2. thank you for the information . bgus utuk buat rujukan

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

berpikir deduktif dan induktif

contoh soal tegangan thevenin yang dihitung dengan metode loop