SAINS DAN TEKNOLOGI DALAM PERKEMBANGAN PERADABAN MANUSIA


SAINS DAN TEKNOLOGI DALAM PERKEMBANGAN PERADABAN MANUSIA1)
Nila Mutia Dewi  2)

Abstrak : Dalam kehidupan manusia, sains dan teknologi digunakan sebagai acuan untuk menginterpretasikan dan memahami lingkungan beserta isinya, serta digunakan sebagai  alat untuk mengeksploitasi, mengolah ,dan memanfaatkannya untuk pemenuhan kebutuhan manusia. Jika melihat fenomena perkembangan peradaban manusia dari masa ke masa, kita akan melihat  bagaimana peran sains dan teknologi yang sangat sentral. Dalam peradaban manusia, kemajuan sains dan teknologi tidak hanya memberikan manfaat bagi manusia namun juga dapat menimbulkan kerugian.

Kata kunci : sains , teknologi , manusia, peradaban manusia

Pendahuluan
Sains  secara umum didefinisikan sebagai pengetahuan (knowledge) yang didapatkan dengan cara sistematis tentang struktur dan perilaku dari segala fenomena yang ada di alam beserta isinya. Sedangkan  teknologi merupakan aplikasi dari sains sebagai respons atas tuntutan manusia akan kehidupan yang lebih baik. Sains dan Teknologi adalah karya yang dilahirkan manusia. Maka tanpa adanya manusia kedua karya tersebut juga tidak akan ada.
 Dalam peradaban manusia , perkembangan sains dan teknologi sangatlah  sentral . Hal itu menyebabkan banyak negara berlomba-lomba untuk mengembangkan sains dan teknologi. Mereka percaya bahwa dengan majunya sains dan teknologi maka berimbas pada kemajuan bangsa tersebut. Namun dalam penerapannya, sains dan teknologi selalu mempunyai dampak positif dan negatif.
 Berdasarkan uraian tersebut maka penulis tertarik untuk mengkaji tentang pengaruh sains dan teknologi dalam perkembangan peradaban manusia serta dampak perkembangannya dalam  kehidupan manusia.

Pembahasan
A.                 Manusia , Sains , dan Teknologi
Dalam kehidupan manusia selalu terdapat sains dan teknologi yang digunakan sebagai acuan untuk menginterpretasikan dan memahami lingkungan beserta isinya, serta digunakan sebagai alat untuk mengeksploitasi, mengolah, dan memanfaatkannya untuk pemenuhan kebutuhan manusia. Sains dan teknologi dapat berkembang melalui kreativitas penemuan (discovery), penciptaan (invention),melalui berbagai bentuk inovasi dan rekayasa. Kegunaan nyata dari sains dan teknologi bagi manusia sangat tergantung dari nilai, moral, norma dan hukum yang mendasarinya. Sains dan teknologi tanpa nilai sangat berbahaya dan manusia tanpa sains dan teknologi mencerminkan  keterbelakangan. Dalam konteks di atas, hubungan antara sains, teknologi, dan manusia menjadi penting, sebab seperti yang kita ketahui, teknologi (produk sains) lahir karena adanya kebutuhan manusia untuk mempermudah segala aktivitas dan kegiatannya .
B.                 Karakteristik Sains , Teknologi , dan Masyarakat

Menurut Fajar (2003:108), karakteristik  atau ciri-ciri sains, teknologi, dan masyarakat  sebagai berikut:
1.                  Mengidentifikasi masalah-masalah  yang memiliki kepentingan dan  dampak.
2.                  Menggunakan sumber daya setempat (manusia, benda, lingkungan) untuk
 mencari informasi yang dapat digunakan dalam memecahkan masalah.
3.                  Mengikutsertakan seseorang yang aktif  dalam mencari informasi yang
            dapat diterapkan untuk memecahkan masalah-masalah dalam kehidupan
            sehari-hari.
4.                  Suatu pandangan bahwa isi dari sains bukan hanya konsep-konsep
            saja yang harus dikuasai  dalam tes.
5.                  Menekanan pada keterampilan proses  dimana  seseorang  dapat
            menggunakannya   dalam memecahkan masalah. Penekanan yang
            dimaksud adalah  pada kesadaran karir yang berkaitan dengan sains dan
            teknologi.
6.                  Kesempatan  untuk berperan sebagai warga negara dimana ia  mencoba
 untuk memecahkan isu-isu yang telah diidentiflkasikan.

C.                Pengaruh Sains dan Teknologi dalam  Perkembangan Peradaban Manusia
           
            Sains  dan teknologi adalah suatu bagian yang tak lepas dari kehidupan manusia dari awal peradaban sampai akhir kehidupan manusia. Sains  dan  teknologi terus berkembang seiring perkembangan peradaban manusia di dunia. Jika melihat fenomena perkembangan peradaban manusia dari masa ke masa. Kita akan melihat dengan jelas bagaimana peran sains dan teknologi  sangatlah sentral. Walaupun pada masa-masa awal, manusia belum ada konsep sains dan teknologi. Pada masa-masa itu (seperti masa prasejarah) perkembangan perdaban  manusia hanyalah dengan logika berpikir sederhana dan dari fenomena-fenomena alam yang sederhana.Misalnya  penemuan alat berburu sederhana pada masa prasejarah, mungkin bagi kita adalah hal yang sederhana, akan tetapi pada masa itu penemuan tersebut adalah hal yang sangat revolusioner dan hebat..
           
            Karena peran sains dan teknologi yang sangat sentral dalam perkembangan peradaban , maka kini banyak negara yang berlomba – lomba untuk mengembangkan  sains dan teknologi. Mereka percaya bahwa dengan majunya sains dan teknologi maka berimbas pada kemajuan bangsa tersebut. Dan memang benar faktanya demikian. Jika kita melihat sejarah dimana kemajuan sains dan teknologi sangat menentukan kemajuan bangsa bahkan dijadikan tolak ukur kemajuan bangsa.  Jadi kita dapat menyimpulkan bahwa kemajuan sains dan teknologi berbanding lurus dengan kemajuan bangsa. Dan  hal  lebih penting yang bisa bangsa dapatkan dengan mengembangkan sains dan teknologi, yakni meningkatnya kesejahteraan bangsa.


D.        Dampak Sains dan Teknologi dalam Peradaban Manusia

Pada satu sisi, perkembangan sains dan teknologi memang telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Pada sisi lain, pesatnya kemajuan sains dan teknologi membawa pengaruh negatif. Gejala dehumanisasi merupakan salah satu dampak negatif sains dan teknologi. Gejala dehumanisasi yaitu tergerusnya nilai-nilai kemanusiaan.

            Berikut adalah dampak positif perkembangan sains dan teknologi dalam kehidupan :
a.                  Menjadi sumber pengetahuan yang selalu berkembang di masanya.
b.                  Dapat menjadi pusat segala pertukaran informasi.
c.                  Memberikan informasi yang tepat , cepat , dan akurat.
d.                  Bidang komunikasi sudah tidak mengenal batas antara jarak dan waktu.
e.                  Bidang transportasi dapat memberikan banyak pilihan jenis transportasi pada manusia dengan variasi kecepatan waktu dan harga.

Berikut adalah dampak negatif perkembangan sains dan teknologi dalam kehidupan :
a.                   Dengan begitu cepatnya pertukaran informasi yang cepat dan tidak dapat terbendung , maka mulai marak terjadinya kemerosotan moral.
b.                  Secara tidak disadari manusia yang sedang dimanjakan oleh teknologi yang  dibuat. Manusia semakin malas dan bodoh , hal itu terjadi karena semakin ringkasnya pekerjaan manusia yang di tangani oleh teknologi.
c.                   Banyak limbah dari teknologi modern yang tidak bisa diolah sehingga menimbulkan tumpukan sampah teknologi yang tidak bisa di daur ulang.

Kesimpulan
Sains  dan teknologi adalah suatu bagian yang tak lepas dari kehidupan manusia dari awal peradaban sampai akhir kehidupan manusia. Sains  dan  teknologi terus berkembang seiring perkembangan peradaban manusia di dunia. Pada hakikatnya , Kemajuan sains dan teknologi adalah sesuatu yang tidak dapat  dipisahkan dalam kehidupan ini, karena kemajuan sains dan  teknologi akan berjalan sesuai dengan peningkatan kebutuhan manusia . Perkembangan sains dan teknologi dalam peradaban manusia tidak hanya memberikan dampak positif  bagi manusia namun juga dapat menimbulkan dampak negatif.

Daftar Pustaka
Dharma, Agus. Peran Sains dan Teknologi dalam Percepatan Pembangunan, (Online), (http://staffsite.gunadarma.ac.id/agus_dh/, diakses tanggal 10 April 2012).

Suryaman ,Oni. Manusia, Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi , (Online) ,

            (http://onisur.wordpress.com/2007/07/27/manusia-ilmu-pengetahuan-dan-         teknologi/, diakses tanggal 2 Mei 2012).

Syafiyyah , tea . Manusia , Sains dan Teknologi , (Online) ,
            diakses tanggal 2 Mei 2012).

Comments

  1. hay,,. nama saya try., salam kenal.,
    trimakasih sudah berbagi ilmu., artikenya sangat bermanfaat ,blognya juga keren ., good luck ya...

    oh iya kalau ada waktu jangan lupa mampir di Tugas dan Materi Kuliah. saya juga punya pembahasan mengenai Manusia,sains,teknologi kalau berminat silahkan lihat Makalah ISBD 'Manusia,sains,teknologi & seni siapa tahu bisa bermanfaat.

    ReplyDelete
  2. terimakasih isi nya bermanfaat buat nambah referensi tugas.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

SAINS DAN TEKNOLOGI

berpikir deduktif dan induktif

contoh soal tegangan thevenin yang dihitung dengan metode loop